Espos Plus Terbaru

+ PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

+ PLUS Yang Baru dan yang Hilang di Malioboro

Kawasan Jl, Maliboro, Kota Jogja, kini menyajikan hal-hal baru sekaligus mengingatkan pada hal-hal yang hilang. Penataan kawasan Malioboro terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DIY.

+ PLUS Makanan Tanpa Batas di Asia: Teknologi untuk Mitigasi Krisis Pangan

Singapura menjadi negara pelopor di Asia yang memberi ruang bagi penjualan dan konsumsi makanan hasil rekayasa berbasis teknologi di laboratorium, salah satunya daging.

+ PLUS Pijat Tradisional Legendaris Mak Erot dan Wacana Wisata Kesehatan

Mak Erot menjadi salah satu nama yang cukup terkenal di Indonesia lantaran legendarisnya praktik pijat tradisional yang dilakoni perempuan itu beserta keturunannya, bahkan, Terawan Agus Putranto yang belum lama ini menjabat sebagai Menteri Kesehatan pernah berwacana sebagai salah satu daya tarik wisata kesehatan Indonesia.

+ PLUS Krisis Global Malaise 1929, Awal Kebangkrutan 131 Pabrik Gula di Jawa

Krisis Malaise mengguncang dunia, termasuk Hindia Belanda pada 1929. Akibatnya, 131 pabrik gula (PG) di Jawa mengalami bangkrut yang berdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.

+ PLUS Menengok Songdo IBD, Kota Mandiri Cerdas Milik Swasta Terbesar Dunia

Songdo International Business District (IBD) dikenal sebagai kota mandiri terbesar di Korea Selatan. Kota pintar yang dibangun di area seluas 607 hektare ini disebut-sebut sebagai pengembangan real estate swasta terbesar dalam sejarah.

+ PLUS Melacak Jejak Perjalanan Satai

Indonesia memiliki aneka ragam satai yang dalam jejak perjalanannya berkembang sesuai kekhasan daerah. Satai bahkan telah menjadi kuliner identitas Nusantara, meski diyakini bukan asli Indonesia.

+ PLUS Berukuran Mini, Kelapa Genjah Jadi Solusi Sulitnya Mencari Tenaga Panen

Dengan tinggi rata-rata 3-4 meter, buah kelapa genjah mudah untuk dipanen. Selain buah melimpah, kelapa genjah menjadi solusi atas sulitnya petani mencari tenaga panen karena pohon kelapa varietas lain rata-rata terlalu tinggi.

+ PLUS Mengenang Ludwig Guttmann, Pencetus Olahraga Khusus Difabel

Tidak hanya mengobati secara medis, Ludwig Guttmann melibatkan para difabel dalam kegiatan olahraga, Upaya itu terbukti afektif untuk memberi harapan dan semangat hidup di tengah keterbatasan fisik yang mereka miliki. Atas perannya, Ludwig Guttmann mendapat julukan sebagai Bapak Atlet Difabel Dunia.

+ PLUS Menziarahi Keteladanan Gus Dur dan Buya Syafii di Pameran Seni Rupa

Berziarah ke sumber nilai-nilai dan keteladanan hidup menjadi ikhtiar mengingat sekaligus menguatkan nilai-nilai kebangsaan.

+ PLUS Dulu Pertirtaan Suci, Kini Cabean Kunti Dilirik Jadi Pusat Konservasi

Situs petirtaan suci Cabean Kunti yang berlokasi di Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, dilirik sebagai pusat konservasi sumber mata air.

+ PLUS Hutan Pulau Jawa Tersisa 17%, Rentan Undang Bencana Iklim

Luas tutupan hutan di Pulau Jawa terus menurun hingga tersisa 17% pada 2020 atau turun dari 26% pada 1990, sehingga kian rentan mengundang bencana iklim.

+ PLUS Prangko Merekam Sejarah Bangsa dan Dunia, Seri APG 2022 Terbit di Solo

Pameran Filateli Tingkat Dunia Indonesia 2022 digelar di Jakarta International Expo Hall C, Kemayoran, Jakarta, pada 4-9 Agustus 2022. Prangko merekam sejarah bangsa Indonesia dan dunia.

+ PLUS Rodrigo de Jerez, Perokok Pertama di Eropa yang Diseret ke Penjara

Rodrigo de Jerez menjadi orang pertama Eropa yang merokok sepulang berlayar dari Kuba pada 1492. Namun, Jerez justru dianggap jelmaan iblis karena bisa mengeluarkan asap dari hidung dan mulut. Tragisnya, ia akhirnya mendekam dipenjara karena merokok.

+ PLUS Ilusi Kerja Layak dan Adil Makin Nyata dalam Ekonomi Gig

Ekonomi gig jasa transportasi online terus berkembang. Ilusi tentang kerja layak dan adil makin nyata di sektor ini.

+ PLUS Prasasti Batu dan Relief Cokrosurya di Puncak Gunung Lawu

Gunung Lawu telah menjadi pusat pemujaan sejam zaman megalitikum terbukti dari temuan punden berundak di puncaknya yang terus berlanjut hingga ke zaman kerajaan lewat keberadaan prasasti batu berangka tahun 1360 Saka atau 1438 Masehi dan relief cokrosurya.

+ PLUS Tembakau Bebas Asap Ubah Cara Konvensional Nikmati Sebatang Rokok

Sejak kali pertama ditemukan di Kuba pada abad ke-15, orang-orang menikmati sebatang rokok dengan cara konvensional yakni dibakar lalu diisap asapnya. Setelah enam abad kemudian, muncul cara baru menikmati rokok yakni dengan dipanaskan sehingga tidak mengeluarkan asap. 

+ PLUS Kian Pedas Kian Histeris, Uji Nyali Makan Sambal Tuan Kulit Putih

Sambal tak dapat dipisahkan dari selera makan orang Indonesia, di mana kuliner ini pernah menjadi ajang uji nyali di kalangan tuan kulit putih Eropa pada masa kolonial Hindia Belanda dengan cita rasa yang kian pedas, kian histeris mereka menyantapnya.

+ PLUS Perubahan Mendasar Pendidikan Vokasi Menjawab Tuntutan Zaman

Pemerintah mengubah secara mendasar dan menyeluruh sistem pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi untuk menjawab kebutuhan zaman dalam urusan sumber daya manusia unggul dan terampil.

+ PLUS Sepuluh Situs Pemujaan di Puncak Gunung Lawu Sejak Era Megalitikum

Situs pemujaan arwah leluhur nenek moyang berupa punden berundak di puncak Gunung Lawu telah ada sejak era megalitikum.

+ PLUS Festival Hantu Lapar dan Kisah Kelam Iringi Sejarah Lomba Panjat Pinang

Lomba panjat pinang yang biasa diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan menyimpan sejarah kelam bagi bangsa pribumi. Panjat pinang sudah jadi tradisi di China pada masa Dinasti Ming (1368-1644) sebagai bagian dari perayaan Festival Hantu Lapar.

+ PLUS Semua Sekolah Negeri Harus Menerapkan Protokol Kebinekaan

Institute for Democracy and Peace Setara atau Setara Institute mendesak semua pemangku kepentingan sekolah negeri bersama-sama menerapkan protokol kebinekaan di semua jenjang sekolah negeri.

+ PLUS Kopi Liberica Ratusan Tahun di Antara Pinus Wonogiri

Sejak era 1800an, Wonogiri telah menjadi sentra kopi yang kala itu dikelola oleh Pura Mangkunegaran, salah satunya dari keberadaan kopi liberica berumur ratusan tahun di antara hutan pinus di Dusun Ngroto, Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo.

+ PLUS Magis Walang Kakek yang Melambungkan Nama Waldjinah ke Level Dunia

Tanpa diketahui siapa penciptanya, Walang Kekek sebelumnya hanya menjadi lagu rakyat yang berkembang di Surabaya dan sekitarnya. Lagu Walang Kekek pun makin populer setelah dinyanyikan Waldjinah. Lagu ini pula yang melambungkan nama Waldjinah di tingkat nasional dan internasional.

+ PLUS Banyak Konferensi Ilmiah Palsu di Indonesia

Sepanjang 2015-2021, seminar dan konferensi ilmiah berlangsung di Indonesia, termasuk di bidang komunikasi. Ada gejala komodifikasi seminar ilmiah. Banyak konferensi ilmiah palsu diselenggarakan.

+ PLUS Polusi Udara Si Pembunuh Senyap dan Pemangkas Umur

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebut polusi udara telah menjadi pembunuh senyap atau silent killer yang menyebabkan tujuh juta kematian diri dan pemangkas umur populasi manusia di dunia.

+ PLUS Oei Tiong Ham, Raja Gula asal Semarang Paling Tajir se-Asia Tenggara

Lahir di Semarang, Oei Tiong Ham (1866-1924) menjadi raja gula sekaligus sosok terkaya di Asia Tenggara. Bahkan, Koran De Locomotief pernah menulis bahwa ia adalah orang terkaya di kalangan pengusaha di Shanghai dan Australia.

+ PLUS Perdagangan Surplus, Harus Tetap Waspada dan Siapkan Mitigasi Krisis

Neraca perdagangan Indonesia surplus selama 26 bulan berturut-turut. Walakin, tetap perlu kewaspadaan tinggi dan mempersiapkan mitigasi resesi.

+ PLUS Kisah Sukses Tirto Utomo, Bos Air Minum Aqua Bermula dari Panen Cibiran

Saat merintis usaha jualan air minum dalam kemasan pada 1973, Tirto Utomo atau Kwa Sien Biauw dianggap orang yang aneh. Cibiran datang karena ia menjual air minum yang jauh lebih mahal dari harga bensin kala itu.

+ PLUS Sabung Ayam, dari Tradisi dan Ritus Jadi Judi

Mengadu ayam atau yang juga dikenal dengan sabung ayam adalah tradisi  dan ritus bagi sebagian masyarakat Nusantara sejak masa kuno, yang telah berubah menjadi arena judi. Belum diketahui secara pasti bagaimana munculnya perjudian itu. 

+ PLUS Perang Saudara Jadi Awal Ketegangan China-Taiwan

Perang saudara yang terjadi setelah Revolusi China pada 1911 menjadi akar ketegangan antara China dan Taiwan yang hingga kini tak berkesudahan.

+ PLUS Mencegah Pernikahan Dini dengan Memenuhi Hak Anak

Mencegah pernikahan dini, perkawinan usia anak, menjadi agenda global yang dirumuskan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Pencegahan perkawinan anak akan efektif bila berbasis pemenuhan hak-ahak anak.

+ PLUS Citayam Fashion Week ”Pindah” ke Banyak Daerah

Polres Metro Jakarta Pusat pada pekan terakhir Juli 2022 menutup sementara lokasi Citayam Fashion Week di kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Fenomena sosial urban ini menginspirasi acara serupa di banyak daerah di Indonesia.

+ PLUS Radio Rakyat Dilarang Penjajah Jepang, Radio Umum Berkumandang

Pada masa pendudukan penjajah Jepang (1942-1945), semua radio milik penduduk disegel, dilarang, dan rakyat hanya diperbolehkan mendengarkan Radio Oemoem [umum] yang dipasang di tempat-tempat strategis, sehingga hanya dapat mengikuti siaran sentral pemerintah Jepang. 

+ PLUS Kala Pulau Jawa Jadi Produsen Gula Nomor 1 di Dunia

Industri gula di Jawa pada akhir 1897 mampu memproduksi sebesar 605.000 ton atau yang tertinggi di dunia. Hasil gula melimpah ini dipasok dari 148 pabrik gula yang beroperasi di seluruh Jawa kala itu.

+ PLUS Indeks Antikorupsi Naik, namun Publik Makin Permisif pada Korupsi

Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK) Indonesia pada 2022 lebih tinggi dibandingkan pada 2021. Walakin, persepsi masyarakat yang menyatakan korupsi dalam berbagai modus sebagai tindakan tak wajar malah menurun.

+ PLUS Dari Klub Banyak Utang, Como Kian Mantap Menatap Masa Depan

Dua tahun setelah diakuisisi Grup Djarum, Como berhasil meraih Juara Serie C Italia sehingga mendapat tiket promosi ke Serie B pada musim 2021-2022. Como pun kian mantap menatap masa depan berkat dukungan Grup Djarum milik Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, orang paling kaya di Indonesia.

+ PLUS Pembahasan Dua Regulasi Digital Harus Libatkan Partisipasi Publik

Pembahasan dua regulais digital, yaitu Rancangan Undang-undang tentang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP) dan perubahan kedua atas Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), harus melibatkan partisipasi publik.

+ PLUS Legenda Balung Buto Sragen dan Mitos Penyembuh Segala Penyakit

Selama beberapa dekade, legenda balung buto di Situs Manusia Purba Sangiran Sragen telah menjaga kawasan tersebut tak terganggu aktivitas masyarakat yang percaya keberadaannya memiliki kekuatan magis sebagai penyembuh segala penyakit.